Ini Universitas Tertua di Indonesia

Selasa, 25 April 2017

Citizen6, Jakarta Universitas dari asal bahasa latin yakni universitas magistrotum et scholarium yang berarti komunitas guru dan akademis. Jenjang universitas merupakan jenjang pendidikan tinggi lanjutan pasca SMA. Sejak dulu tidak banyak orang yang masuk ke dalam komunitas tersebut. Keberadaan pendidikan tinggi semacam itu di Indonesia sendiri baru dimulai sejak politik etis diterapkan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Berikut ini universitas-universitas tertua di Indonesia:

 

1. Universitas Indonesia

Benih-benih Universtias Indonesia yang kini sebagian besar berada di Depok ini dimulai dari Stovia dan RHS pada tahun 1851. Sejarah ini berawal dari tahun 1851, dimana VOC mendirikan sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan. Sekolah tersebut selama 2 tahun dengan gelar “Dokter Jawa”. Tahun 1875 gelar diubah menjadi “Dokter Medis” dengan masa pendidikan selama 7 tahun. Inilah yang menjadi cikal bakal sistem pendidikan kedokteran di Indonesia yaitu selama 6-7 tahun. Tahun 1898, VOC mendirikan sekolah baru bernama School tot Opleiding Van Indische Artsen (STOVIA) dan Retch Hogeschool (RHS). Sekolah ini yang tetap bertahan hingga sekarang dan dikenal dengan sebutan FK UI dan FH UI. Universitas Indonesia sendiri berubah menjadi universitas yang solid pada 2 Februari 1950.

 

2. Universitas Airlangga

Universitas tertua di jawa timur dan tertua kedua Indonesia ini terletak di kota Surabaya. Pada mulanya Unair merupakan Sekolah Kedokteran bentukan belanda (VOC) yang bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS). Selain belajar tentang kedokteran umum, NIAS juga mengajarkan Ilmu Kedokteran Gigi. Pada akhirnya terbentuklah pula sekolah kedokteran gigi yang dinamakan School tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT). Sekolah ini merupakan Sekolah kedokteran Gigi pertama di Indonesia yang kini dikenal dengan sebutan FKG Unair. Kampus ini menjadi Universitas Airlangga pada 10 November 1954

 

3. Institut Teknologi Bandung

Kampus ini juga bentukan Belanda (VOC) yang bernama Technische Hooge School (THS). Setelah 39 tahun berjalan, akhirnya THS berubah menjadi ITB pada 2 Maret 1959. Hingga akhirnya kini ITB menjadi salah satu kampus terfavorit di Indonesia dengan kualitas lulusan yang cukup dikenal.

Setelah kemerdekaan banyak perguruan tinggi lain lahir dan berkembang. Memiliki semangat yang sama yakni demi kemajuan negeri, perguruan tinggi lainnya yang lahir pasca kemerdekaan pun tak kalah melahirkan lulusan yang berkualitas. Semoga perguruan tinggi semakin bisa dicapai oleh lebih banyak masyarakat Indonesia. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

customization

THEMES